RITUS HANCUR; 6 TAHUN PERJALANAN AMETIS

Ametis adalah grup chaotic hardcore yang dibentuk oleh Aldy Rizky yang mengajak Sonjaya, Hilman Taufik dan Alditia Krama Yudha pada awal tahun 2015. Diambil dari jenis nama batu-batuan, awalnya Ametis dipakai karena sederhana dan gampang diucap. Namun nama tersebut menjadi sesuatu yang besar sekarang bagi orang-orang didalamnya. Sempat berganti beberpa personil, sekarang tersisa Alditia Krama Yudha yang mengisi vokal, Sonjaya bermain bass, Ruly Ramdhani memukul drum dan Ridwan bermain gitar.

Di masa pandemi ini, dengan segala keterbatasan pelaku musik khususnya di skena underground tidak membuat Ametis terdiam namun membuat musik mereka semakin berkembang. Dengan ramuan riff guitar khas genre sludge, OSDM, hingga post-metal, Ametis memakan waktu kurang lebih 2 tahun untuk menyelesaikan “Ritus Hancur”. Beberapa grup mereka sebut sebagai referensi utama seperti Meshuggah, Downfall of Gaia, Mammoth Grinder, Sumac, dan Town Portal. Tidak dengan meninggalkan grup-grup lokal untuk disebut seperti Ssslothhh, Amerta, Warmouth, Wreck, Brigade of Crow, dan tentunya Alice. Grup-grup lokal tersebut juga banyak mempengaruhi Ametis didalam segi musik, sampai ke pengorganisiran mandirinya.

Materi tulis “Ritus Hancur” terbentuk dari pandangan terhadap rasa sisi gelap disekitar mereka dan personalnya masing-masing. Namun secara musikalitas, “Ritus Hancur” terdengar lebih variatif dari materi-materi sebelumnya dengan banyak bereksperimen didalam tempo dan variasi ketukan drum yang dibarengi dengan riff gitar lintas genre. Sudah seharusnya Ametis membuat gebrakan baru seperti album “Ritus Hancur” setelah 6 tahun berkecimpung di skena musik bawah tanah, khususnya di Bandung.

Related Products

Shopping Cart
There are no products in the cart!
Continue Shopping
0