SSSLOTHHH – CELESTIAL VERSES

Untuk bagian penutup di penghujung 2019, Ssslothhh yang tidak lain adalah band sludge metal asal Bandung memutuskan untuk merilis album barunya yang berjudul Celestial Verses. Setelah album terakhir mereka dirilis oleh Grimloc Records pada tahun 2013 yang berjudul Phenomenon. Akhirnya para personil yang terlibat bisa melewati masa-masa dimana realitas tidak bisa bekerja sama dengan hobi dan berakhir dengan sebuah hasil yaitu album baru ini.

Didalam segi musik, kali ini Ssslothhh menambahkan ketebalan baru pada gitar yang di isi oleh Angga (Asia Minor & Taring). Tidak banyak berubah didalam aransemen musiknya, tapi ada beberapa improvisasi seperti olah vokal baru yang bisa didengar pada track “March to the Phantom Phase”. Baru kali ini terdengar suara vokal yang nyaris seperti berbisik dari Dinar yang biasanya hanya berteriak spontan jika dibandingkan dengan materi-materi sebelumnya. Tentu saja hal baru ini menyajikan suasana baru bagi musik mereka sendiri, lebih emosional. Dan ada beberapa improvisasi yang dilakukan Widi pada gitar di salah satu track mereka, Widi menggunakan teknik “tapping” di salah satu lagu. Pada umumnya, band sludge metal sungguh jarang mempraktikan teknik-teknik tersebut. Untuk lirik, mereka menjelaskan bahwa lirik masih membahas di seputaran “Sun, Earth, Life, and Human Kind”.

Untuk album yang berdurasi kurang lebih 45 menit yang di mixing oleh Auliya Akbar dan di mastering oleh James Plotkin, “sound” yang dihasilkan di album Celestial Verses ini seharusnya menjadi acuan untuk band-band yang bermain di ranah genre ini, terutama di Indonesia.

Tracklist: