AK//47

Bio:

AK//47 adalah band grindcore yang terbentuk tahun 1999 di Semarang, dengan formasi solid saat ini yakni Yogi Ario (drum), Novelino Adam (vokal, bas), dan Garna Raditya (gitar, vokal).

Setelah vakum selama 7 tahun, trio ini kembali dengan album baru pada tahun 2016, bertajuk “Verba Volant, Scripta Manent” yang merupakan bahasa latin, artinya “Yang Sekadar Terucap Akan Hilang, Yang Tertulis Akan Abadi”. Terdapat 13 lagu yang didedikasikan kepada pergerakan literasi untuk menggerus pembodohan dan ignoransi.

Menengok kebelakang, pada tahun 2000, merekam satu lagu untuk kompilasi Semarang Chaos Community yang dirilis oleh Rembol Records dengan format kaset. AK//47 hanyalah satu-satunya band grindcore saat itu di skena HC/punk dan metal Semarang.

Garna sebelumnya dari The Protesters yang memainkan crusty punk. Pada tahun yang sama, Garna dan personil sebelumnya, Kesit mulai aktif dengan AK//47 dan mulai main di beberapa panggung punk dan metal. Komunitas pada saat itu sempat mempermasalahkan hal-hal yang bersifat ideologis. Bahkan mulai ada dikotomi punk politis maupun apolitis yang saat itu muncul pula kolektif-kolektif seperti Semarang Anti Fascist (Saraf) dan RI Boot pasca gerakan 1998. Beberapa diantara kita kemudian kerap mengorganisir aksi protes dengan organisasi mahasiswa. Sedangkan Kesit kerap berorasi jika AK//47 tampil.

Sebelumnya sempat melibatkan Bangkit (Scaremonger, Syndrome), Chelsy (Life For Anything Else), Ponco (LFAE). Hingga pada tahun 2010, formasi bertambah dengan personil: Kesit (Vokal), Bhaskoro (Bass), Garna (Drum) dan Novi (Radical Corps) pada gitar. Pada formasi ini sempat merekam 10 lagu, namun ada kendala teknis sehingga tak kunjung dirilis dan disertai hiatus selama beberapa tahun. Rencananya materi tersebut akan masuk pada album diskografi pada masa mendatang.

Kemudian bersama Danny pada bas (System Error, Malang) dan Bhaskoro pada Gitar menghasilkan minialbum “Tidak Setuju!” (2003) yang hanya berisi 6 lagu. Kemudian di tahun yang sama merilis 3 way split dengan Life For Anything Else dan A Friend For Life. Tahun 2006, AK47 merilis album “Barricades Close The Street, But Open The Way” dengan format kaset sejumlah 500 kopi. Kemudian sempat di repress sebanyak 300 kopi pada tahun 2008. Lalu sempat pula merilis 3 Way Split dengan nama band yang sama Ak47 dari 3 negara yang berbeda yakni Rusia, Indonesia dan Tiongkok.

Origin:

Semarang

Genres: 

Grindcore

Members:

  • Novelino Adam – Bass / Vokal
  • Garna Raditya – Gitar / Vokal
  • Yogi Ario –  Drum

Years Active:

1999 – now

Contact:

  • garnaraditya@gmail.com
Find Them On