Reissue Album Hark! Its A Crawling Tar-Tar – “Dorr Darr Gelap Communique”

Posted at : Mon, 25 January 2016

Hark_12Album-Cover

Hark! Its A Crawling Tar-Tar – “Dorr Darr Gelap Communique”
140gr 12″ Vinyl. Optional color: Black (200 copies) and Gold/Cream (100 copies) with an insert and A2 Poster included.
Rp. 350.000,-

Hark! Its A Crawling Tar-Tar adalah kolektif punk hardcore dari Bandung. Terdiri dari Ari (vokal), Dede (gitar), Kenji (drum), Uwep (bass) dan Billy (gitar) yang bangkit dari sisa-sisa Domestik Doktrin. Album satu-satunya ini dapat dianggap sebagai salah satu milestones bagi scene HC/Punk Bandung, yang pengaruhnya cukup besar pada generasi hardcore punk lokal pasca 2000-an.

Mereka merakit Crust/D-Beat punk dengan nuansa gelap dan epik, youth-crew singalong, vokal cutthroats, chorus gang, riff hardcore Scandinavian yang super catchy, metal yang bercampur dengan kecepatan dan kemurkaan thrash, samples obscure dan bahkan folk yang hybrid. Sangat jelas mereka dipengaruhi oleh His Hero is Gone, Anti-Cimex, Diskonto, Uranus, From Ashes Rise hingga Tragedy, namun unit lima orang ini menawarkan lebih dari sekedar versi Asia dari bandwagon genre nama-nama tadi. Dari catchiness yang disengaja hingga kekacauan yang datang tiba-tiba, setiap lagu di album ini menonjol, bahkan di era pasca Tragedy/From Ashes Rise. Musik mereka yang menakjubkan didampingi dengan lirik politis yang ditulis dengan unik. Urgensi revolusi kebudayaan ala hardcore punk yang mereka anjurkan nyaris tak tertandingi di ranah lokal kala itu. Mash-up antara freestyle Gramscian dengan humor gelap dan politically-(in)correct hardcore yang kental.

Dirilis pada 2006, tepat 10 tahun lalu, pertama kali oleh label DIY Singapura, Thrash Steady Syndicate dalam format CD. Mereka membubarkan diri setahun setelah CD ini dirilis. Versi kasetnya sempat kami rilis ulang pada tahun 2013. Setelah berkomunikasi intens dengan para eks anggotanya (yang, terus terang, cukup sulit dan memakan waktu lama), akhirnya kami, bekerja sama dengan Disaster Records, dapat merilis ulang album luar biasa ini dalam format vinyl 12″.

Berjumlah 300 keping, 200 dalam warna hitam, dan 100 dalam warna gold/cream (maaf memang kami memesan warna gold namun kami rasa tak cukup bisa disebut demikian karena menurut kami warnanya yang selintas seperti warna minuman lokal, Bajigur). Dengan artwork yang digambar ulang oleh Ken Terror, vinyl ini pula besertakan insert berisi info dan lirik dan sebuah poster  dokumentasi live ukuran A2, saat mereka membuka acara peluncuran album Homicide di toko buku Ultimus pada tahun 2006.

Penjualan kami bagi dua tempat. Untuk pembelian online (dan termasuk pula pre-order, karena keterbatasan kemampuan kami), hanya dapat diakses via Disaster Records, yang akan dibuka pada hari Minggu tanggal 24 Januari. Album reissue ini sendiri akan dirilis pada hari Sabtu, tanggal 30 Januari. Kalian dapat mendapatkannya langsung di outlet Disaster Records, di JL. Wira Angun-Angun No.4-B Bandung, atau Grimloc, Jl. Kartini No. 21 Bandung.

Sebagian besar porsi keuntungan kami dari reissue ini, akan didonasikan bagi aktivitas pembangunan rumah belajar alternatif di daerah konflik agraria di Lampung, yang beberapa kawan di Bandung terlibat di dalamnya. Itu saja dari kami. Untuk update lainnya, silakan pantau timeline Grimloc dan Disaster di media sosial kami. Sekali lagi, terimakasih atas dukungannya. Stay active, keep it gutter.

Grimloc & Disaster Posse.

 

Side A | Total Time: 16:08
1. Hark! Hark! Hark! 1-X-Y Common Thinking Errors to Avoid
2. Samsul Bahri Menggugat
3. …And This Is Supposed to Save Our Marriage, Kundang?
4. Jual Daki Tuk Sesuap Nasi
5. Kirim Balik Armada Itu Ke Gujarat!
6. Situ Bagendit: Terpaksa Di-Persona-Non-Grata

Side B | Total Time: 15:15
1. Dorr Darr Gelapp
2. Behold! Temple Mendoan Governs Your Intellect
3. Gastrointestinal Disorder Ricochets In Rengasdengklok Exposé; A Hoax?
4. Kartu Garansi Setrika Di Neraka
5. Runtuhnya Surau Mereka
6. GramatikkallyOpressed
7. Tagonian Kita Memang Tak Layak Dari Bandung
8. Tular Tularkan Tar-Tar Alias Spreading the Disease


 

Hark_12Album-Insert

Hark_12Album-Poster

Hark_12inch-Record1

 

by Grimloc Records