AK//47 – Loncati Pagar Berduri

AK//47 adalah band grindcore yang terbentuk tahun 1999 di Semarang, dengan formasi solid saat ini yakni Yogi Ario (drum), Novelino Adam (vokal, bas), dan Garna Raditya (gitar, vokal). Setelah vakum selama 7 tahun, trio ini kembali dengan album baru pada tahun 2016, bertajuk “Verba Volant, Scripta Manent” yang merupakan bahasa latin, artinya “Yang Sekadar Terucap Akan Hilang, Yang Tertulis Akan Abadi”. Terdapat 13 lagu yang didedikasikan kepada pergerakan literasi untuk menggerus pembodohan dan ignoransi.

Pada tahun 2018, akhirnya AK//47 menulis album baru yang berjudul “Loncati Pagar Berduri” yang berisi 13 lagu. “Loncati Pagar Berduri” ini membahas kisaran topik-topik distopia dan aneka dekadensi akal sehat dalam masyarakat modern.

Dirilis oleh Lawless Jakarta dan Disaster Records tepatnya pada bulan Desember 2018. Dan melakukan mini tour ke Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Ternyata rencana tour mereka berlanjut jauh sampai ke Amerika yang dibagi menjadi 2 sesi bersama Violent Opposition. Personel dari VO, Damian Talmadge dan Mark Miller pun nantinya akan berperan menjadi pendamping AK//47 sebagai formasi mereka selama di Amerika Serikat. Konsep lintas personel antar negara ini dikatakan oleh Garna Raditya sang vokalis AK//47 sebagai strategi mereka agar AK//47 bisa produktif di dua negara sekaligus.

Tracklist:

  1. Lempar Petasan ke Podium
  2.  Botol, Bensin dan Mawar Untukmu
  3. Ayat Untuk Menyayat
  4. Molotov Kadaluwarsa
  5. Menggugat Manusia
  6. Bebas Berkelamin
  7. Grinkor Petir
  8. Kepada Bunga Yang Tumbuh di Beton
  9. Takhayul Melindungi Alam
  10. Zombi Reaksioner
  11. Kau (Tak) Bisa Hentikan Kaum Fasis
  12. Tanah Berkarat
  13. Loncati Pagar Berduri

Photo and flyers from AK//47’s Facebook.